Cappuccino Coffe

Cappuccino adalah minuman kopi merupakan campuran espresso dan susu, cappuccino adalah minuman khas Italy. Cappuccino terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 nya lagi foam. Cappucino merupakan perpaduan espresso dan susu yang di steam atau dipanaskan menggunakan mesin espresso. Umum nya cappuccino disajikan di cangkir kramik bukanlah di cangkir kaca ataupun plastik. Gelas kramik disini berfungsi untuk meredam panas dari cappuccino tersebut.


Di secangkir cappuccino tidaklah disajikan begitu saja, tetapi kebanyakan barista nya menciptakan suatu seni menggambar diatas secangkir kopi. Seni ini biasa disebut latte art. Penikmat kopi juga bisa merasakan indah nya seni kopi yang diciptakan oleh seorang barista. Sebelum merasakan serutan secangkir cappuccino ini kita udah merasakan senang ketika melihat seni yang satu ini. 


Pemilihan Susu
            Pemilihan susu disini sangat menentukan dari cita rasa kopi yang akan diminum nantinya, sebenarnya tidak ada acuan harus memilih susu jenis yang bagaimana. Baik dia susu segar (fresh milk), susu low fat milk (susu rendah lemak, bahkan susu kental manis pun bisa digunakan. Namun perbedaan susu disini nantinya akan menciptakan perbedaan rasa pada kopi tersebut. Susu yang terbaik adalah susu yang mampu menciptakan micro foam yang sangat halus dan berikilau. Proses pemanasan atau steam susu disini sebaiknya tidak lah melebihi 70’C. Jika suhu susu terlalu tinggi maka akan menghilangkan cita rasa manis yang ada pada susu. Suhu yang terlalu tinggi akan merusak saraf sensorik yang ada pada lidah ketika menikmati secangkir cappuccino ini, dan nantinya tidak akan bisa menikmati cita rasa dari kopi tersebut.

Tidak ada komentar