Espresso

Disini saya akan sedikit membahas proses pembuatan espresso yang saya ketahui, dan juga saya pernah membuatnya sendiri.


Espresso merupakan awal dari berbagai jenis minuman kopi yang disajikan di banyak warung kopi, taukah anda dari mana espresso itu berasal?. Kalau anda pernah datang ke warung kopi atau kopi shop anda mungkin bisa langsung melihat proses pembuatan espresso. Disini saya akan menceritakan sedikit bagaimana pembuatan espresso tersebut.


Espresso adalah minuman yang dihasilkan melalui proses penggilingan kopi, proses penggilingan disini dapat menggunakan grinder automatic atau yang manual. Peroses penggilingan disini mempengaruhi rasa dan kualitas dari espresso tersebut, semakin halus biji kopi yang digiling semakin berat pula esperesso yang dihasilkan. Setelah melalui proses penggilingan, Selanjutnya biji kopi yang telah menjadi serbuk di ratakan dan ditamping. 


Proses tamping ini juga dapat mempengarui rasa dari espresso tersebut, semakin kuat di tamping semakin berat pula espresso yang dihasilkan. Setelah melalui proses tamping selanjutnya kopi di extracksi menggunkan esspresso machine atau mesin kopi. 


Disinilah proses extraksi dilakukan, proses extraksi inilah yang menghasilkan espresso, espresso sendiri dapat dinikmati dengan 2 cara yaitu single atau double espresso, jika single espresso dirasa kurang kuat anda dapat memilih double espresso. Single dan double hanya berdasarkan banyak nya ml (miligram) dari hasil extraksi kopi tersebut, biasanya single espresso itu 30ml dan double espresso itu 60ml.

Tidak ada komentar